Bali Selasa, 6 November 2018 | Dibaca 82 kali

Berlibur dengan Transportasi Laut ????

Berlibur dengan Transportasi Laut ????

Masyarakat Indonesia pasti sudah banyak yang tahu bahwa Indonesia memiliki kepulauan yang lebih dari 1800 pulau. Pulau-pulau di Indonesia dipisahkan oleh laut dan juga selat. Sehingga dalam menghubungkan antar pulau harus menggunakan alat transportasi yang khusus. Ya, dalam menghubungkannya maka diperlukan alat transportasi laut yang memadai, yaitu kapal. Kapal laut merupakan transportasi yang penting dalam aktifitas di masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.

Berlibur dengan Transportasi Laut

Berlibur dengan Transportasi Laut

Hal ini terbukti dengan adanya relief pada Candi Borobudur dalam bentuk perahu bercadik yang mampu berlayar ke Afrika di pulau Madagaskar. Teknologi pembuatan kapal di Indonesia berkembang sangat pesat setelah kedatangan pengaruh asing. Dari pengaruh tersebut bangsa Indonesia telah memperoleh pengetahuan tambahan tentang teknologi navigasi dan angkatan laut, sehingga Indonesia akhirnya memiliki industri maritim yang modern.

Industri perkapalan berawal dari sebuah bengkel tempat mereparasi kapal. Kemudian bengkel tersebut berkembang menjadi industri yang merancang juga membangun kapal sebagai sarana transportasi laut untuk memudahkan manusia antar pulau dalam berinteraksi. Di tahun 1849 sarana perbaikan dan pemeliharaan kapal telah terbangun di daerah Ujung, Surabaya dengan nama Marine Estabilishment. ME berfungsi sebagai pabrik yang memelihara dan memperbaiki kapal.

Di Surabaya terdapat PT Persero yang menangani untuk masyarakat yang ingin berpergian ke suatu tempat yang memerlukan penggunaan transportasi laut yaitu PT Pelni. Pemerintah menugaskan perusahaan sebagai badan penyelenggara Kewajiban Pelayaran Publik.

Berlibur dengan Transportasi Laut 1

Berlibur dengan Transportasi Laut 1

Selain itu transportasi laut di Indonesia memiliki usaha angkutan jasa transportasi, diantara lain usaha itu adalah :

  1. Usaha jasa pengurusan transportasi, yaitu kegiatan yang melibatkan transportasi dan penerimaan barang dan hewan melalui darat, laut dan udara.
  2. Usaha bongkar muat barang, yaitu pembongkaran kegiatan komersial dan barang atau hewan dari dan ke kapal.
  3. Usaha ekspedisi muatan kapal laut, yaitu kegiatan bisnis yang berkaitan dengan pengelolaan dokumen dan pekerjaan yang terkait dengan penerimaan dan pengiriman barang yang diangkut melalui laut.
  4. Usaha angkutan di perairan pelabuhan, yaitu kegiatan komersial memindahkan penumpang atau barang atau binatang dari dermaga ke kapal atau sebaliknya dan dari kapal ke kapal di perairan pelabuhan.
  5. Usaha tally, yaitu kegiatan komersial menghitung, mengukur, menimbang dan mencatat isi dari kepentingan pemilik atau pengangkut barang.

Thrubus – Bisnis Transportasi Darat Sangat Menarik (1).jpg

Itu lah beberapa tentang transportasi laut. Jika anda seorang yang ingin berlibur ke Surabaya dengan naik kapal, dan bingung jika ingin berpergian menjelajah kota Surabaya, maka sebaiknya menyewa bus maupun minibus maupun juga mobil-mobil yang elit di website kami Thrubus.co.id atau dapat menghubungi kantor kami yang berada di Jalan Gunung Anyar Jaya No.4, Gunung Anyar, Kota Surabaya. Jawa Timur 60294.

  • Bagikan