Tips Selasa, 30 Oktober 2018 | Dibaca 145 kali

Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Thrubus – Kawasan wisata religi sunan ampel merupakan kawasan wisata religi yang terletak di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Dan salah satu obyek wisata yang terkenal di wilayah Jawa Timur yaitu Makam Sunan Ampel dan Masjid Ampel.

Kawasan Religi Sunan Ampel sendiri merupakan salah satu kawasan  alternatif yang bisa dipilih sebagai salah satu destinasi wisata yang harus anda kunjungi di Surabaya, apalagi bagi seorang muslim. Di kawasan religi Sunan Ampel ada bisa merasakan suasana khas negara Timur Tengah yang begitu kental. Hal ini di karenakan kawasan Ampel merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis Arab. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Surabaya.

Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Dikampung Ampel Surabaya ini pula terdapat akulturasi budaya yang sangat kuat, antara komunitas suku arab sebagai komunitas terbesar dengan komunitas lokal seprti Madura, Jawa serta komunitas pendatang lainnya seperti China. Budaya – budaya ini bisa berbaur dengan mudah dengan adanya bahasa sehari – hari yang mereka pahami sebagai bahasa kampung arab.

Kawasan ini merupakan tempat berkumpulnya peradaban budaya, pusat perekomonian, dan masyarakat multikultur. Di jalan – jalan yang disekitar Kawasan Sunan Ampel, seperti Jlan Panggung dan jalan Saak anda bisa melihat aktivitas bisnis yang masih berjalan sampai sekarang.

Thrubus - Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Thrubus – Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Salah satu agenda wajibnya adalah ziarah ke makam Sunan Ampel. Sunan Ampel adalah pendiri Masjid Ampel sekaligus bagian dari Wali Songo, perintis penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kamu bisa mengamati arsitektur akulturasi Arab dan China pada Masjid Ampel. Hal itu dikarenakan Sunan Ampel adalah anak dari Sunan Gresik dengan putri Raja Champa, Dewi Chandrawulan. Sunan Ampel sendiri lahir di Champa, kerajaan Islam di Vietnam Selatan. Selain makam Sunan Ampel, peziarah juga bisa menengok makam sang istri, Nyai Condrowati, diletakkan bersebelahan. Ada pula lima kerabat Sunan Ampel yang dimakamkan di kompleks itu.

Mengunjungi Masjid Ampel rasanya tak lengkap jika tidak mampir ke kampung Arabnya. Terletak di Jalan Ampel Suci dan Jalan Ampel Masjid, kamu bisa belanja berbagai pernak-pernik Muslim. Mulai dari gamis, mukenah, peci, parfum, hingga kosmetik Arab. Wisata belanja dipusatkan dalam sebuah lorong panjang yang padat barang dagangan. Jangan lupa juga mencicipi kuliner khas Timur Tengah yang ditawarkan di depot-depot kawasan Ampel. Mulai dari roti maryam, nasi kebuli, kebab, nasi briyani, nasi kabsah, dan berbagai olahan kambing bisa kamu temukan di sana. Di antara warung khas Timur Tengah, yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Depot Yaman Kuliner dan Warung Kopi Arab Ibu Very.

Begitu banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi disini, untuk itu kami akan bagikan tips untuk kalian agar merasa nyaman dan menikmati kunjungan di kawasan wisata religi Sunan Ampel :

1. Buat Perencanaan

Sebelum berkunjung ke kawasan wisata ini buatlah perencanaan terlebih dahulu. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan berpa orang yang akan anda pergi bersama anda, kemudian pilihlah mode transportasi yang sesuai seperti bus atau mobil.

2. Buatlah rencana pengeluaran anggaran

Setelah membuat perencanaan diatas, buatlah rencana pengeluaran anggaran terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisasi jumlah pengeluaran yang akan menguras dompet anda. Jadi anda perlu juga merencanakannya dan menyesuaikannya dengan budget yang anda punya.

3. Cari informasi terkait kawasan wisata Sunan Ampel

Informasi apa saja terkait tempat wisata yang akan kita kunjungi, itu sangatlah penting. Karena agar kita juga mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang akan kita kunjungi. Informasi  – informasi tersebut bisa kita peroleh dari berbagai media, misalnya media elektronik seperti internet dan kita juga bisa bertanya langsung ke teman – teman atau kerabat kita yang sudah pernah berkunjung ke sana.

4. Patuhi peraturan yang terdapat di kawasan wisata religi sunan ampel

Thrubus - Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Thrubus – Tips Melakukan Wisata Religi Dikawasan Sunan Ampel, Surabaya

Setiap tempat wisata, pastinya mempunyai peraturan untuk para pengunjung yang harus di patuhi jika ingin melakukan kunjungan ditempat tersebut. Jadi patuhilah semua peraturan yang telah ditetapkan di tempat tersebut dan jangan punya keinginan untuk melanggarnya.

5. Gunakan pakaian muslim dan bersikaplah sopan santun

Seperti namaya yaitu kawasan wisata religi sunan ampel, jadi pastinya kita sudah bisa memposisikan bagaimana diri kita saat berkunjung disana. Untuk itu pastikan anda menggunakan pakaian muslim yang sopan dan syar`i.

Itu beberapa tips dari kami untuk anda, yang bisa anda aplikasikan sebelum dan saat berkunjung di kawasan wisata religi sunan ampel, selamat mencoba.

  • Bagikan