Tips Selasa, 30 Oktober 2018 | Dibaca 43 kali

TIPS DAN TRICKS PACKING BARANG SEBELUM LIBURAN

TIPS DAN TRICKS PACKING BARANG SEBELUM LIBURAN

Thrubus – Untuk kalian yang senanga liburan atau melakukan perjalanan jauh pasti sering terkendala dengan barang yang di bawa terlalu banyak. Tak jarang pula itu membuat kita sering tidak nyaman dan senang karena terlalu banyak membawa barang bawaan ,mungkin anda juga sering bingung mencari cara yang baik dan benar untuk packing barang sebelum liburan. Keterampilan packing tampaknya menjadi salah satu skill utama yang harus dimiliki oleh para traveler. Terutama, bagi Anda yang menyukai gaya traveling ringan, dengan koper maupun ransel, dan hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Misalnya, lintas kota, pulau, hingga benua. Strategi packing akan menentukan jumlah dan besar tas yang Anda bawa.

Berikut ini beberapa tips dan triks yang bisa anda lakukan untuk packing barang sebelum berlibur diantaranya sebagai berikut :

1. Tentukan Tujuan Wisata dan Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau tentang destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Cari informasi lengkap mengenai kondisi cuaca saat itu dan lingkungan tempat tujuan, jangan sampai kamu salah membawa kostum, ya!

Setelahnya kamu pastikan perlengkapan yang harus dibawa dan yang sesuai dengan kondisi tujuan wisata kamu. Lebih baik kamu list satu persatu perlengkapan yang kamu perlukan, kemudian dari list tersebut sortir lah beberapa perlengkapan yang memang benar-benar penting saja. Jangan bawa terlalu banyak aksesoris ataupun sepatu yang akan menghabiskan banyak tempat di koper kamu. Untuk busana, batasi maksimal 3 set pakaian dari jumlah hari liburan kamu. Dan apabila membawa pakaian yang berbahan jeans membuat bawaan kamu menjadi berat, cukup bawa satu saja, sisanya kamu bisa ganti dengan pakaian lain yang berbahan katun. Pakaian berbahan katun atau kaos selain lebih ringan juga lebih mudah dalam hal perawatannya.

2. Memilih Koper

Sebelum berpergian, sebaiknya kamu teliti dulu kondisi koper yang kamu miliki. Sebuah koper biasanya memiliki umur sekitar 10 tahun, cek bagian roda, resleting hingga ketahanan bahan koper. Apabila kondisi masi baik, sekarang saatnya kamu menentukan besar koper yang akan di bawa dan jumlahnya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa semakin besar koper yang kamu bawa, maka akan semakin besar pula hasrat untuk memasukkan barang ke dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai memilih. Apabila tujuan wisata kamu memang untuk berbelanja maka membawa koper yang besar tidaklah masalah, tetapi apabila tujuan wisata kamu lebih ke alam, dianjurkan tidak membawa koper yang terlalu besar.

Dan satu lagi, apabila memungkinkan, coba deh gabung keperluan 2 anggota keluarga dalam satu koper. Contohnya 1 koper untuk keperluan ayah dan anak perempuan dan 1 koper lagi untuk keperluan ibu dan anak laki-laki, atau kombinasi diantara jumlah individu yang ada di keluarga kamu. Selain lebih menghemat tempat, menggabungkan keperluan pada satu koper juga dapat meringankan barang bawaan selama liburan berlangsung.

3. Membuat daftar barang bawaan

Bayangkan kondisi yang akan Anda lalui selama traveling, dan tuliskan benda-benda apa saja yang Anda perlukan. Membuat daftar seperti ini, lebih dari sekadar mencegah adanya barang tertinggal. Melalui checklist, Anda juga dapat menyortir sekaligus menimbang tingkat kebutuhan barang bawaan dengan lebih baik. Selain itu, Anda bisa menentukan jenis tas yang akan Anda gunakan, serta ketersediaan space dalam tas tersebut.

4. Membawa barang yang benar-benar diperlukan.

Definisi “perlu” bagi setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi dan preferensi individu. Namun, jika Anda menginginkan barang bawaan yang ringan, tentu saja butuh pertimbangan matang dan menyadari konsekuensinya. Seperti, harus memilih satu atau dua pasang alas kaki yang fungsional, alih-alih harus instagrammable dengan berbagai warna selaras dengan baju yang dikenakan. Atau, Anda bisa memilih cuci baju saat traveling daripada harus membawa tumpukan baju cadangan.

5. Membawa benda yang multifungsi

Kreativitas diperlukan untuk memilah dan memilih barang bawaan traveling yang paling efisien. Bawa benda-benda yang multifungsi seperti handuk kecil dari bahan microfiber, parka dengan banyak saku, dan universal adapter. Ada baiknya, Anda juga membawa skin care dan make up yang berfungsi ganda, untuk meminimalisir benda-benda cair yang memberatkan. Misalnya, top to toe wash dan losion yang telah mengandung SPF sebagai sunscreen.

6. Meninggalkan barang yang tidak terlalu dibutuhkan

Kurangi paranoia terkait kebutuhan terhadap barang-barang. Pikirkan kembali apabila ada alternatif cara atau teknologi yang bisa digunakan tanpa benda tersebut. Anda bisa meninggalkan hair dryer berukuran besar yang tidak dual voltage, catokan rambut, setrika, atau bantal. Sederhanakan penampilan dan yakinlah, bahwa untuk menikmati kenyamanan dan keleluasaan traveling, Anda hanya membutuhkan hati yang lebih lapang dan pikiran yang siap menerima kesegaran.

7. Menggulung pakaian

Trik ini umum digunakan untuk membuat pakaian tersimpan lebih rapi dan rapat, sehingga dapat menghemat tempat. Maka, pilihlah pakaian dengan bahan yang ringan dan tidak mudah kusut. Sementara itu, untuk pakaian tebal seperti jaket, pilih bahan yang bisa melindungi Anda dari panas maupun dingin, dan gunakan selama perjalanan agar tidak menghabiskan ruang di dalam tas.

8. Susun dari yang paling berat

Prinsipnya, letakkan benda paling berat di dasar tas agar titik beban terpusat di bawah dan tidak menyebar. Setelah itu, tumpuk dengan yang lebih ringan dan seterusnya. Trik ini biasa digunakan oleh pendaki gunung yang menggunakan backpack atau carrier untuk menghemat tenaga.

9. Mengisi ruang-ruang kosong

Manfaatkan setiap ruang kosong yang tersedia, seperti bagian dalam sepatu, wadah makan, dan berbagai celah yang ada. Ada baiknya, Anda packing benda kecil seperti pakaian dalam, kaus kaki, scarf, atau manset tangan, setelah semua benda masuk dalam tas, agar bisa diselip-selipkan di slot yang tersisa.

  • Bagikan