Tips Selasa, 30 Oktober 2018 | Dibaca 119 kali

Tips Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Jauh

Tips Agar Tetap Sehat Saat Perjalanan Jauh

Thrubus – Untuk para traveller mungkin perjalana jauh sering kali mereka lakukan karena para traveller pasti sangat suka untuk mencari tepat yang unik dan pastinya menarik untuk menjadi salah satu tujuan dalam daftar tempat yang harus mereka kunjungi. Dan tak jarang pula itu membuat badan sering merassa cepat lelah. Tidak dapat dipungkiri kondisi tubuh prima merupakan hal yang paling utama. Bisa untuk mudik, balik, atupun juga buat kamu yang gemar traveling. Jadi kita sangat dituntun untuk bisa selalu menjaga kondisi tubuh kita agar tetap selalu fit dan sehat. Jika hal itu terjadi pada saat Anda tengah menjalani liburan bersama teman atau keluarga, tentu masalah tersebut akan sangat menganggu dan merusak kebahagiaan Anda. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan kesehatan fisik ketika hendak berliburan.

Berikut kami rangkumkan sejumlah tips dan trik sederhana

baik dari pengalaman pribadi serta dari berbagai sumber lain, agar kita tetap fit, sehat serta nyaman dalam melakukan perjalanan dan tetap bugar saat sampai di tujuan, diantaranya sebagai berikut :

1. Atur rencana

Sebelum melakukan kegiatan liburan, perbanyak aktivitas olahraga. Atau atur pola makan Anda seminggu sebelum Anda bepergian. Gunakan akses internet, untuk merencanakan menu apa saja yang bisa Anda konsumsi saat berada di sana. Dari situ, Anda juga bisa mempelajari masakan lokal dan memilih pilihan sehat untuk beberapa kali makan.

2. Ubah pola pikir

Biasanya, saat berlibur, yang ada dalam pikiran adalah melakukan wisata kuliner. Hal ini, tentu bisa merusak berat badan Anda. Berat badan dipastikan akan bertambah saat liburan dijalankan. Jika tak ingin hal ini terjadi Ahli Nutrisi dan Ahli Diet Klinis asal India, Pooja Makhija mengatakan, bahwa kunci utamanya, Anda harus mengubah pola pikir. Jika awalnya Anda berambisi untuk berburu makanan, cobalah untuk mengubahnya dengan berburu pemandangan indah.

Anda bisa berlatih teknik visualisasi. Misalnya, Anda bisa mulai dengan membayangkan diri Anda tiba di tempat tujuan Anda, memusatkan perhatian pada tempat, orang-orang, monumen, naik perahu dan mendapatkan perawatan spa. Semakin banyak unsur non-makanan yang Anda ‘lihat’, semakin sedikit kesempatan bagi Anda untuk pesta dan konsumsi makanan yang menggemukkan.

3. Banyak Minum Air Mineral

Ketika ingin melakukan perjalanan jauh, usahakan untuk mengonsumsi cairan secara cukup juga. Dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh, konsentrasi tidak akan terganggu. Selain itu, mengosumsi air putih juga akan mengembalikan banyak energimu. Perbanyak minum air putih ataupun juga jus. Hindari mengosumsi cairan seperti halnya kopi, sirup atau bahkan alkohol. Jika sedang berpuasa, ada baiknya sahur buah-buahan dan mencukupi kebutuhan cairan.

4. Istirahat yang Cukup

Hal utama yang perlu untuk kamu jaga adalah intensitas tidur. Upayakan sebelum melakukan perjalanan jauh untuk bisa tidur secara cukup. Sebisa mungkin tidurlah setidaknya 6 sampai 8 jam. Hal ini dilakukan supaya stamina tetap terjaga dengan baik, dan tidak mengantuk selama perjalanan. Perjalanan jauh amat sangat melelahkan jika kamu tidak mempersiapkan semuanya dengan baik. Jika dirasa nanti di perjalanan merasa ngantuk ataupun capek, menepilah untuk istirahat dan jangan dipaksakan

5. Minum Jahe Hangat

Minum jahe hangat. Jika tidak ada minuman jahe hangat, anda dapat menggunakan obat dengan kandungan jahe seperti obat untuk mencegah masuk angin. Kandungan jahe dalam produk ini sangat baik untuk lambung dan mengurangi iritasi pada dinding usus. Mabuk perjalanan berhubungan erat dengan lambung, bukan karena pusing.

6. Minumlah Kopi.

Walaupun nanti kopi dapat membuat anda kehausan, setidaknya anda sudah mempersiapkan air mineral. Kopi juga akan mencegah rasa letih yang berlebihan saat anda tiba di tujuan. Anda dapat meminum secangkir kopi sebelum berangkat dan saat di tengah perjalanan.
Peneliti telah membuktikan bahwa meminum 2 cangkir kopi dalam sehari sebenarnya cukup baik bagi tubuh.

7. Banyak Bergerak

Saat menunggu keberangkatan, usahakan untuk berjalan santai dan banyak bergerak di sekitar tempat tunggu. Hal ini akan membantu melemaskan otot. Jika anda menggunakan kereta api, anda dapat melakukan ini saat dalam perjalanan.

8. Pilih Asupan Makanan yang baik

Seringkali karena terlalu memikirkan persiapan untuk perjalanan jauh, kita abai pada jenis makanan yang dikonsumsi. Maka dari itulah, jangan sampai hal tersebut terulang lagi. Penuhi asupan makanan secara baik dan juga cukup. Dengan begini, tidak akan terjadi masalah saat di perjalanan. Perbanyak asupan buah-buahan dan juga sayuran. Jika dirasa lapar dan lelah, bisa mampir ke rest area terdekat. Jangan memaksakan diri.

Mabuk perjalanan lebih disebabkan karena gangguan pencernaan. Usahakan agar perut tidak kosong untuk mencegah mabuk perjalanan.

9. Pemilihan Tempat Duduk

Jika bepergian dengan kendaraan umum seperti bis, kereta api atau pesawat terbang,usahakan untuk duduk pada sisi lorong (jangan dekat jendela) agar anda dapat mudah merenggangkan badan setiap saat.

10. Bawalah Obat Tetes Mata.

Perjalanan jauh, baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, apalagi dengan sepeda motor dapat membuat mata kering. Teteskan obat ini saat mata terasa tidak nyaman. Hindari penggunaan softlens saat karena saat mata kering, softlens akan terasa sangat tidak nyaman.

11. Persiapkan Obat-obatan Pribadi

Satu hal lagi yang penting tapi sering diabaikan lantaran merasa sudah sehat. Yakni mempersiapkan obat-obatan pribadi yang sekiranya dibutuhkan. Usahakan untuk membawa obat-obatan ringan seperti halnya obat anti mabuk, obat mencegah masuk angin, sampai dengan flu. Supaya nanti tidak kesusahan mencari toko. Sementara buat kamu yang selama ini memiliki riwayat penyakit serius, hal utama yang perlu untuk dilakukan sebelum berangkat adalah melakukan pengecekan terlebih dulu kepada dokter.

12. Berhenti Setiap 2 Jam

Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan untuk berhenti sebentar setiap 2 jam. Keluarlah dari kendaraan, dan renggangkan badan. Hal ini juga sangat disaranakan jika anda membawa bayi dalam perjalanan.

13. Jaga Kebersihan Tangan

Jika perjalanan anda menggunakan kendaraan umum, gunakan fasilitas toilet untuk sering mencuci tangan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, belilah produk hand sanitizer yang banyak tersedia di toko dan mini market.

Kadang secara tidak sadar anda dapat mengusap tangan ke mulut, hidung atau mata. Ketiganya merupakan jalan masuk bagi penyakit.

14. Jangan Minum Alkohol

Sangat tidak disarankan untuk minum alkohol sebelum berangkat. Alkohol justru dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, dan rasa letih yang berlebih saat tiba di tempat tujuan.

Sedikit tips dari kami diatas semoga bisa membantu anda untuk bisa lebih menikmati liburan serta perjalanan ada dan menjaga kondisi tubuh anda agar tetap fit selama perjalanan. Selamat mencoba beberapa tips dari kami dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan