Otomotif Sabtu, 27 Oktober 2018 | Dibaca 28 kali

MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia

MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia
Thrubus - MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia(1)

Thrubus – MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia adalah garapan bersama Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Maka dari itu mobil ini dipasarkan 2 merek sekaligus yang dipasarkan yaitu oleh Astra Daihatsu yaitu Daihatsu Xenia sedangkan Toyota Avanza oleh Toyota Astra Motor.

Thrubus - MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia(1)

Thrubus – MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia(1)

Daihatsu Xenia generasi pertama diperkenalkan di Indonesia dengan tiga tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Perbedaan utama antara Mi dan Li adalah tidak adanya power steering pada varian Mi (terendah), juga varian Mi masih menggunakan velg besi (Li juga menggunakan velg besi namun ditutup dengan dop/tutup roda). Varian Xenia otomatis hanya tersedia pada varian tertinggi (Xi) yang disebut sebagai Xenia Matic. Daihatsu Xenia memiliki berbagai asesoris standar untuk tiap tipe utama yang terdiri dari paket-paket yang berkaitan dengan penampilan eksterior maupun interior seperti Plus, Deluxe, Family dan Sporty.

Untuk suspensi depan, Xenia Li dan Mi menggunakan Mac Pherson strut. Sedangkan pada varian Xi telah ditambahkan stabilizer.

Pada tahun 2018 ini Daihatsu Xenia memperkenalkan edisi khusus Xenia. Warna hitam, garis merah di body, serta imbuhan pelek gelap menjadi pembeda di eksterior. Di kabin telah ditambahkan jok yang berlapis kulit yang berkualitas plus head unit dengan layar sentuh. Mengingat hanya tersedia 18 unit yang dibuat dan jika habis maka tidak akan diproduksi lagi.

Thrubus - MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia (2)(1)

Thrubus – MPV Paling Laris Di Indonesia Daihatsu Xenia

Ubahan terakhirnya merupakan modernisasi desain sekaligus fungsi aerodinamika. Perhatikan saja pahatan dan garis-garis yang lebih jelas dibandingkan pendahulunya. Modernisasi itu tak lantas menjadikan penampilan Xenia menjadi lebih menarik, paling tidak bagi sejumlah orang. Namun, yang pasti, desainnya lebih segar ketimbang pendahulunya.

Selain desain, dimensi juga direvisi menjadi lebih besar. Ukurannya adalah 4.190 mm untuk panjangnya, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sementara ground clearance nya 200 mm, angka yang cukup untuk melibas segala jenis jalan di Indonesia. Jarak sumbu roda Xenia baru juga diperpanjang menjadi 2.655 mm.

  • Bagikan